samsunisarman' Permainan Tradisional 'Balogo' di Banjarmasin - Parigal Samsuni
Headlines News :
Home » » Permainan Tradisional 'Balogo' di Banjarmasin

Permainan Tradisional 'Balogo' di Banjarmasin

Written By samsuni sarman on Senin, 08 Juli 2013 | 17.29

Permainan rakyat balogo di Banjarmasin. Suara logo beradu kuat dan teriakan anak-anak bersahutan menandakan kesenangan mereka bermain. Aku teringat sebuah lagu daerah karya Anang Ardiansyah yang berjudul 'bagasing balogo' sebagai simbol permainan rakyat dalam budaya banjar- balogo di tangah jalan, malancar laju babanaran jangan landaw urang dituju, nang lalu lalang taganggu bursiah takana busu, dibuang sidin ka banyu (bermain logo di tengah jalan, meluncur cepat jangan terkena lutut orang, yang lewat terganggu kalau kena busu -sebutan kekerabatan di banjar - di buang ke sungai). Sebuah irama lagu keceriaan yang digambarkan Anang Ardiansyah melalui permainan balogo tampak terlihat dari bait lagu tersebut. Ternyata, permainan tradisonal balogo sudah dikuasai oleh seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan sehingga hampir di setiap kampung dan komplek pemukiman di kota permainan rakyat 'balogo' ini selalu diramaikan oleh banyak anak-anak, remaja, malah orang dewasa.
Permainan balogo merupakan ragam unik dari kekayaan budaya bangsa yang tergambar dalam Indonesia Travel. Istilah kata'balogo' bermakna bermain dengan mengadu tempurung kelapa yang diolah berbentuk segitiga atau segi empat semacam perisai dengan ukuran garis tengah 5 sampai 10 sentimeter serta ketebalan yang variatif antara 2 sampai 3 sentimeter karena batok kelapa tersebut dilapis dua menggunakan dempul atau aspal. Semakin berat dan kuat bentuk logo akan semakin baik karena dapat terbang dengan lurus dan tidak melayang serta mampu memecahkan logo lawan disebabkan kuatnya hentakan. Malah, ada yang khusus membuat logo menggunakan bahan plastik yang diluluhkan dengan api kemudian dibuat bentuknya seperti logo dari tempurung - cuma agak rapuh dan mudah pecah. Alat lain yang digunakan dalam permainan ini adalah tongkat kecil terbuat dari bambu sepanjang 30 sampai 40 sentimeter dengan lebar 3 sampai 4 sentimeter yang disebut 'penapak' atau pemukul logo. Fungsi tongkat kecil ini adalah 'menapak' atau memukul sudut logo hingga mencapai titik tertentu di mana logo lawan berada.
Cara bermain logo sangat sederhana. Dimulai dengan menentukan lawan yang memasang logo dan memukul logo. Jika bermain secara berkelompok, maka 3 logo akan dipasang berjajar di jalan sementara 3 pasang lawan menyusun logo secara lurus ke belakang dengan jarak 5 langkah setiap logo. Mereka berbagi untuk memukul logo siapa dari yang dipasang di jalan sehingga setiap anak akan berusaha memukul logo tersebut sedekat mungkin. Jika semua logo dapat dijatuhkan dalam bentuk tim dinyatakan sebagai pemenang dan mendapat hadiah menggendong sang juara ke arah garis awal permainan. Permainan ini cukup kompetitif karena dilakukan secara individu, yaitu seorang pemain akan memukul 3 logo lawan yang dipasang secara garis lurus. Keterampilan memukul untuk bisa melanjutkan ke logo berikutnya adalah keahlian yang dipertaruhkan bagi setiap pemain. Sepanjang tahun permainan balogo ini menjadi even pariwisata budaya Banjar melalui 'Festival Budaya Pasar Terapung' pada setiap bulan Agustus memperingati HUT Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus mendukung program Indonesia Travel. Bangga memiliki permainan yang sederhana dan dikuasai oleh semua orang sebagai perwujudan dari ragam keunikan permainan tradisional rakyat di Indonesia. Selamat bermain logo.


Share this article :

4 komentar:

  1. Sebenarnya dijawa juga banyak permainan-permainan tradisional gan namun seiring perkembangan technologi yang tidak dipadukan dengan permainan daerah akhirnya permainan tradisional ini hampir punah. tapi tetep semangat salut buat rakyat balogo

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, benar Bang Ahmad Roqib - ini visi blogger memberikan informasi dan motivasi agar mau kembali mengenal tradisi masyarakat yang mulai tergerus zaman......

      Hapus
  2. Wah,Terimakasih infonya paman samsuni (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sekilas info permainan yang aq suka sejak kecil, trims kunjungannya sobat...

      Hapus

Popular Posts

Coment

Site Map

Loading...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Jhonny Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Parigal Samsuni - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template