samsunisarman' Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura - Parigal Samsuni
Headlines News :
Home » » Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura

Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura

Written By samsuni sarman on Minggu, 14 September 2014 | 20.57

Kota Martapura bukan saja dikenal dengan sebutan serambi Makkah yang mencerminkan masyarakat religius, akan tetapi sekaligus pusat perdagangan yang cukup menarik bagi wisata. Misalnya, pasar subuh 'Berkat Usaha Bersama' yang secara legal memiliki transaksi ekonomi yang menggairahkan. Kota Martapura memang bergerak sejak waktu menunjukkan pukul 02.00 dini hari - bukan saja untuk memenuhi masjid dan mushala dengan ibadah malam akan tetapi geliat pedagang dan pembeli pun sudah mulai menyusuri setiap jalan dan blok pasar. Sebelum shalat Fajr, kami bersama teman menyusur jalan Patih Ampat Martapura yang berdiri megah pertokoan serta blok pasar harian. 

Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura
Pasar Subuh Kota Martapura
Di lapangan terbuka inilah para pedagang pasar subuh menggelar dagangan sayur, buah, dan hasil kebun lain dalam bentuk curah dan masih terlihat segar. Pedagang sudah menempati blok-blok yang dibagikan oleh petugas dengan tertib - malah seorang pedagang menyebut pasar ini sangat aman - sekalipun harus ditinggalkan beberapa saat. Setelah semua dagangan digelar dan lampu penerang dipasang, maka pembeli pun mulai berdatangan. Pembeli utama pasar subuh ini adalah para paman ojek yang membawa dagangan pada sepeda motor - subuh ini aku menghitung lebih dari 100 sepeda motor yang menjadi pembeli berjajar di sepanjang jalan raya maupun tepi ruko. Ya, mereka meletakkan sepeda motor di depan ruko yang belum buka dan menyusun setiap barang hingga selesai. Aman, Mas! kata paman ojek pasar menjawab tanyaku. Ini salah satu keunggulan pasar subuh di Kota Martapura, rasa aman dan nyaman antara pembeli dan pedagang serta lokasi transaksi terus terpelihara dengan baik.

Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura
pedagang sayur dan buah yang segar

Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura
transaksi yang murah dalam sebuah ikatan senasib
Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura
menyusun barang dagangan di boncengan sepeda motor
Boncengan sepeda motor yang diletakkan sebuah rangka kayu cukup besar dengan susunan sayur, buah, ikan - malah jajanan lain yang dibawa dalam bungkusan plastik. Ya, ikan pun menjadi salah satu bahan dagangan yang tersedia lengkap di pasar subuh Martapura ini. Bersebelahan jalan akan ditemui lokasi pedagang yang menjajakan ikan segar dalam kotak-kotak kayu. Ada yang membeli dengan curah sesuai timbangan dan ukuran ikan, ada pula yang sudah dalam kantongan plastik serta terikat bilah bambu. Tentu ini akan memudahkan paman ojek sayur dan ikan menjajakan kembali. Satu plastik ikan ditimbang seberat 1/4 hingga 1/2 kilogram dan satu ikat bilah bambu ikan gabus ditimbang 1 kilogram dengan sudah dibersihkan atau masih kondisi hidup.Selama hunting photografi dengan lokasi pasar, baru pertama kali ini menemukan sebuah spot yang khas dan luas serta memiliki transaksi cepat dan rutin setiap pagi.

Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura
ikan gabus yang sudah siap diikat seberat 1 kg untuk pembeli
Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura
satu bungkus plastik ikan seberat 1/4 kilogram
Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura
suasana transaksi jual beli ikan di pasar subuh
Jika sekedar ingin rekreasi mengisi waktu wisata ke pasar subuh Kota Martapura - kita juga dimanjakan oleh kuliner tradisional yang hangat dan nyaman. Ada beberapa warung pojok yang menyediakan santapan di pagi hari seperti soto banjar, ketupat kandangan, nasi campur atau nasi pecel, serta minuman hangat wedang jahe dan kopi aseli martapura. Duduk santai mawarung di pasar subuh dengan keriuhan pedagang dan pembeli sangat menyenangkan. Harga pun sangat murah, bayangkan sepiring nasi kuning plus ikan atau ketupat kandangan plus ikan gabus bakar cuma dibayar sepuluh ribu rupiah. Begitu pula minum kopi panas dengan jajanan serabi, lumpia, pisang goreng, buras, babongko, dan pundut tak lebih dari sepuluh ribu. Nah, pantas kan untuk wisata paar subuh yang menyenangkan. Salam wisata.

Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura
suasana warung kuliner di pasar subuh martapura
Wisata Pasar Subuh di Kota Martapura
sudut blok pasar yang menyediakan kuliner tradisional
 
Share this article :

12 komentar:

  1. rame sekali ya walaupun subuh2 kuliner tradisional sudah ada

    BalasHapus
  2. Info terbaru untuk Anda pemilik usaha ketupat, saya memiliki Tray Makanan untuk kebutuhan branding Anda. Jika Anda ingin membuatnya menarik, Anda dapat menggunakan kemasan kami.

    Jika ingin mencari tahu lebih lanjut lagi, silahkan kunjungi link berikut ini : http://kask.us/hRTlN

    BalasHapus
  3. subuh kan waktu nya udara lagi seger seger nya jadi pasti jarang yang ada ke pasar sono, paling yang mau belanja untuk usaha warung warungan

    BalasHapus
  4. luar biasa banyak juga yang berjualan

    BalasHapus

Popular Posts

Coment

Site Map

Loading...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Jhonny Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Parigal Samsuni - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template